• 29

    Jan

    Rute Penerbangan Pesawat dari Pangkalan Bun ke Kota Lain

    Pangkalan Bun memiliki sebuah bandara yaitu Bandar Udara Iskandar. Saat ini ada dua buah operator penerbangan pesawat yang beroperasional di bandara tersebut yaitu Kalstar Aviation dan Trigana Air. Jika anda ingin mengetahui harga tiket, jadwal penerbangan, pemesanan/reservasi online dan lain-lain silakan mengunjungi website resmi kedua operator penerbangan tersebut. 1. Ka...
  • 29

    Jan

    Oleh-Oleh Pangkalan Bun, ya Aksesoris dari Batu Kecubung

    Sedang mencari oleh-oleh dari Pangkalan Bun? Kini tak perlu bingung, karena jalan-jalan kota Pangkalan Bun telah ada banyak toko souvenir yang menjual berbagai kerajinan yang bisa dijadikan oleh-oleh dari Pangkalan Bun. Yang paling terkenal adalah oleh-oleh aksesoris dari Batu Kecubung. Batu kecubung adalah batu yang unik dan cantik. Di pulau Jawa jarang ditemukan batu seperti ini membuatnya identik dengan Kalimantan.
  • 29

    Jan

    Wisata Pangkalan Bun Pantai Kubu Teluk Bogam Kotawaringin Barat

    Di kabupaten Kotawaringin Barat ada beberapa lokasi wisata pantai yang bisa mengisi liburan salah satunya pantai Kubu. Pantai Kubu adalah sebuah pantai yang terletak di gugusan wisata Teluk Bogam. Pantai Kubu paling banyak dikunjungi wisatawan lokal (masyarakat Pangkalan Bun) karena letak pantai Kubu yang merupakan terdekat dengan pusat kota dibandingkan pantai-pantai lain. Pantai Kubu dapat dijangkau dengan kendaraan sekitar 30 menit dari pusat kota Pangkalan Bun. Sayang tidak ada transportasi umum yang menjangkau lokasi ini. Jadi jika hendak ke lokasi ini maka perlu menggunakan...
  • 29

    Jan

    Sekilas Mengenai Bandara Iskadar Pangkalan Bun

    Di kota Pangkalan Bun kabupaten Kotawaingin Barat (Kobar) terdapat sebuah bandara bernama Bandar Udara Iskandar. Bandara ini merupakan sarana transportasi udara vital di kabupaten Kobar bahkan di Kalimantan Tengah. Bandara ini terletak tak jauh dari pusat kota Pangkalan Bun yaitu sekitar 15 menit dengan kendaraan bermotor. Operator penerbangan yang melayani rute ke dan ...
  • 4

    Oct

    Bagi Orang Kalimantan, Silakan PLN Naikkan TDL Tapi ...

    Beberapa waktu ini sering aku membaca berita mengenai rencana PLN yang hendak menaikkan Tarif Dasar Listrik (TDL). Sebagai mahasiswa aku bisa saja berpikir kritis seperti sebagian kawan-kawan aktivis mahasiswa lain bahwa hal ini menyengsarakan rakyat. Tapi aku tidak, aku tak lagi terlalu mempersoalkan itu. Bagiku sebagai orang Kalimantan, silakan naikkan saja TDL, berapapun kenaikannya. Tapi satu hal yang paling kuinginkan, tolong, perhatikan listrik daerah di luar Jawa, salah satunya Kalimantan, jangan ada lagi sehari hidup-sehari mati (SHSM) li...
  • 8

    Apr

    Penerbangan Express Air Pangkalan Bun

    Sempat kaget sih waktu ada foto yang ngetag ke fb ku. Foto itu isinya mengenai cara mendapatkan info jadwal penerbangan, harga tiket, pesan tiket, dan lain-lain. Yang bikin terkejut ya karena diriku baru petama dengar Express Air. Masa karena dah lama gak di Pangkalan Bun? Padahal belum ada 1 tahun sejak terakhir aku pulang kampung ke Pangkalan Bun. Sepertinya sudah banyak perubahan sejak aku kuliah di Semarang ini. Syukur donk! Pastinya dengan harapan Pangkalan Bun, lima, atau sepuluh tahun ke depan menjadi kota maju, bukan melebihi Palangkaraya lagi tapi mungkin saja Banjarmasin. Atau mungkin 2 tahun lagi pas diriku lulus? Amin! Amin Pangkalan Bun nya, amin diriku pula. ^^V
  • 8

    Apr

    88 Mahasiswa Universitas Antakusuma (UNTAMA) diwisuda

    Pangkalan Bun untuk kedua kalinya Universitas Antakusuma (Untama) Pangkalan Bun meluluskan para mahasiswanya. Dalam wisuda angkatan II sabtu (27/3) lalu. Meluluskan 88 mahasiswa yang telah berhasil menyelesaikan studinya baik strata I, maupun Diploma III. Pembantu Rektor (Purek) I Untama Pangkalan Bun, Agus Yuwono menyampaikan dari 88 mahasiswa yang diwisuda tersebut masing-masing untuk program studi Ekonomi Manajemen strata I berjumlah 29 orang. Program studi Hukum 32 orang dan Akutansi Diploma III berjumlah 27 orang. Sekadar diketahui dari 27 orang jurusan Akutansi yang diwis...
  • 3

    Mar

    Catatan Laurio Leonald: informasi perjalanan kuningan - pangkalan bun

    PERJALANAN KUNINGAN JAWA BARAT MENUJU PANGKALAN BUN KALIMANTAN TENGAH Berawal dari obrolan chat facebook, seseorang bernama laurio leonard menanyaiku mengenai cara mengetahui jadwal kapal. Dia berasal dari Kuningan dan hendak ke Pangakalanbun. Lalu beberapa hari kemudian ada sebuah sms dari seseorang yang menanyakan cara menuju pelabuhan tanjung mas dari stasiun Tawang. Tak lain itu adalah sms dari dia laurio leonard yang pernah chat dengan aku menanyakan jadwal kapal. Dan kemudian di sebuah catatan facebook, ada catatan yang berjudul PERJALANAN KUNINGAN JAWA BARAT MENUJU PANGKALAN BUN KALIMANTAN TENGAH. Kulihat siapa penulisnya eh ternyata si Laurio Leonard yang kemarin itu sms diriku. Catatan tersebut menceritakan mengenai pengalaman perjalanannya dari Kuningan (Jawa Barat) ke Pangkala
  • 12

    Feb

    Sama-Sama Kelahiran Pangkalan Bun

    sma2 kelahiran pangkalnbun itulah bunyi judul dari sebuah pesan yang masuk ke facebook q tadi malam (03/01 /10) jam 21.26. Nama pengirimnya adalah Akhmad Hadi. Nama yang belum ada di daftar teman facebookku sebelumnya. Yang kemudian kutahu bahwa barusan ada permintaan teman dari nama itu. Lalu pesan itu kubuka dan kubaca. slam z waktu browsing nyri2 tentang p.bun ketemu blog..na kmu aQ seneng..coz kurang na informasi di p.bun membuat Qu sulit cari2 info naterimakasih byakatas blogtilis lagi bro..tentang kota masni s Qita(akhmad hadi) Balas: Iya betul di internet masi minim info ttg pbun. Slain itu blogger pb...
  • 12

    Feb

    Tulisan Aktivis Jurnalis Asal Pangkalan Bun

    Maman Wihardja, itulah namanya. Seorang komentator yang beberapa waktu lalu berkomentar di blogku ini. Dia mengaku adalah seorang aktivis jurnalis asal pangkalan Bun. Di komentar lainnya dia ingin bergabung dengan Harian Borneo News Pangkalan Bun, bahkan sampai mencantumkan nomor HPnya. Kenapa kureview komentarnya ini, karena aku cukup terkesan dengan usahanya itu. Komentarnya pun gak tanggung-tanggung, dua artikel yang notabene adalah hasil buatannya di posting di kotak komentar blogku ini. Bisa dilihat disini: klik ini. Berikut aku postingkan pula salah satu artikel dia: Bila 2 Pasang Puncak Pemilu Kada Kobar 2010 H.Ujang Iskandar VS H.Sugianto Baka
  • 15

    Oct

    Nomor Telepon Penting Pangkalan Bun / Kotawaringin Barat

    Berikut adalah beberapa nomor-nomor telepon enting di Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat: Kantor Bupati 0532-21010 Polres 0532-21110 Satlantas 0532-21770 Satpol PP 0532-25052 Pemadam Kebakaran 0532-113 RSUD 0532-21238 PLN 0532-24123 Kantor Pos 0532-21035 Kodim 0532-21011 Bandara 0532-21666 PDAM 0532-21260 Semoga Bermanfaat. Terima kasih.
  • 3

    Oct

    SOTO MANGGALA MASUK MURI!!

    soto manggala Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalteng, pada hari ulang tahunnya ke-50 akan membuat catatan di Muri dengan menyajikan 8 ribu mangkuk soto manggala. Kegiatan yang akan dilaksanakan pada 3 Oktober tersebut akan diikuti upaya mematenkan soto manggala sebagai makanan khas Kobar. “Pertama, kita akan mengelar 8 ribu mangkuk soto manggala sepanjang 2,1 kilometer di Jalan Pangeran Antasari, Pangkalan Bun. Langkah selanjutnya, kita akan patenkan makanan ini sebagai makanan asli daerah Kabupaten Kotawaringin Barat,” kata Bupati Kobar Ujang Iskandar di Pangkalan Bun, Rabu (30/9). Ujang mengatakan, untuk ...
  • 24

    Aug

    BORNEONEWS, Koran Kebanggaan Pangkalanbun

    2 Tahun Borneonews Di Pangkalan Bun sendiri sebenarnya cukup banyak beredar koran-koran harian dari berbagai penerbit, seperti Radar Sampit, Kalteng Pos, Kompas, Suara Merdeka. Tetapi sepertinya masyarakat Pangkalan bun, Kotawaringin Barat (Kobar) paling gemar membaca Koran Borneonews. Mungkin dikarenakan masyarakat Kotawaringin Barat lebih menginginkan informasi terkini dari daerahnya dan borneonews merupakan tempat yang paling sip untuk mencarinya. Meskipun untuk berita Kotawaringin Barat hanya satu halaman saja tapi isinya lumayan segar dan cukup berbobot. Masalah atau even yang terjadi di hari sebelumnya sering tak luput d...
  • 20

    Aug

    CARA TAHU JADWAL KAPAL LAUT DARI PELABUHAN KUMAI PANGKALAN BUN

    Pelabuhan Kumai Bagi Anda yang ingin pergi ke Jawa tetapi kesulitan untuk dapat mengetahui jadwal kapal laut maka ada cara mudah untuk mengetahuinya. Biasanya kan kalau kita ingin mengetahuinya, yaitu dengan mendatangi agen-agen tiket laut atau ke pelabuhan Kumai. Kalau di Pangalan Bun banyak agen-agen penjual tiket laut dari Pangkalan Bun. Tetapi kalau Anda mau yang lebih gampang yaitu cukup di rumah saja. Perlu saya jelaskan bahwa untuk kapal laut dari pelabuhan Kumai, Pangakalan un, sementara ini adanya adalah untuk tujuan ke Semarang dan Surabaya. Untuk kota-kota lain belum ada. Untuk kota lain tersedia lewat penerbangan. Du...
  • 10

    Aug

    Coto Manggala, Masakan Khas Pangkalan Bun?

    Beberara waktu lalu ada seseorang yang menanyakan mengenai resep dari Coto Manggala di blogku arsyil.blogspot.com klik disini. Tulisanku itu awalnya berbicara mengenai makanan khas Pangkalanbun dan ada kusebutkan salah satu makanan khasnya adalah Soto Coto Manggala tetapi tidak kujelaskan lebih rinci. Oleh itu kali ini diriku akan menjelaskannya kebetulan Ibuku sering membuatnya. Seperti namanya coto, makanan ini mirip soto kebanyakan tetapi berbeda pada bahan intinya. Bahan intinya adalah manggala, merupakan bahasa daerah untuk ketela. Penasaran? Kalau gitu dicoba aja. Bahan-bahan yang perlu disiapkan: Ketela 1 kg Kaki ayam yang telah dipotong kecil-kecil (1 kaki dipotong 3 bagian) seban
  • 2

    Aug

    Masjid Besar Sirajul Muhtadin Pangkalan Bun Juli 2009

    Masjid Besar Sirojul Muhtadin Kalau kita sedang berbelanja di pasar Baru Pangkalan Bun pasti akan melihat masjid ini. Bagaimana tidak masjid ini terletak di samping pasar dan bangunannya pun besar sekali. Kalau dari kota mungkin kurang terlihat karena akan terlindung oleh bangunan besar toko Bali Indah Photo ditambah lagi banyaknya kios berdiri di samping jalan depan masjid. Tetapi kalau dari arah sebaliknya (dari kel Baru) akan jelas sekali keindahan bangunan yang di dominasi warna hijau ini. Meskipun sekarang belum sempurna pembangunan masjid tersebut tetapi bangunan utama telah kokoh berdiri. Masjid...
  • 10

    Jul

    Objek Wisata Alam Kotawaringin Barat Yang Pantang Terlewat

    TAMAN NASIONAL TANJUNG PUTING (TNTP) TNTP Taman Nasional tanjung Puting (TNTP) adalah rumah bagi berbagai macam spesies hewan unik. Spesies yang paling terkenal yang membuat Taman Nasional ini tersohor adalah hewan yang tidak berbahaya yaitu Orang Utan (Pongo Pygmaeus). Taman ini juga terkenal dengan populasi monyet proboscis atau Bekantan (Nasalis Larvatus), seekor monyet besar yang diseluruh dunia hanya dapat ditemukan di Kalimatan. Primata lain yang ditemukan ditaman ini termasuk Agile Gibbon (Hylobates Agilis), monyet pemakan daun merah atau langur marun (Presbytis Rubicunda), langur silver (Presbytis Cristata), monyet pemak...
  • 1

    Jul

    Pangkalan Bun Dapat Adipura 3 Kali

    Tugu Adipura Pangkalan Bun Dikutip dari : komunitasips1.blogspot.com Judul asli : Congratulations! Oleh : Komunitas IPS 1, SMAN 1 Pangkalan Bun, KALTENG - INDONESIA Alhamdulillah… Akhirnya… Pangkalan Bun kembali mendapat nikmat yang tiada tara… Bertambah lagi 1 koleksi piala Adipura di tugu Adipura PangkalanBun. Pangkalan Bun kembali mendapat penghargaan Adipura yang ke-3 kalinya secara berturut mulai 2007, 2008, dan sekarang. Walaupun hanya kategori “Kota Kecil Terbersih”, tetapi memil...
  • 1

    Jul

    Penerbangan Ke Pangkalan Bun

    Dikutip dari : pradzt.blogspot.com Judul asli : Habis Linus,,, terbitlah Trigana dan Riau Air,,, Oleh : Pradhana Wiku Radya Pangkalan Bun adalah kota yang menurutku cukup potensial dan dibilang paling maju di belahan Kalteng bagian Barat, sehingga banyak pendatang-pendatang baru yang mengadu nasib disini,,,, Transportasi yang digunakan di Pangkalan Bun adalah Darat, yakni Jalur Trans Kalimantan (P.Raya-Sampit-P.Bun), Laut (P.Bun-Semarang, P.Bun-Surabaya), dan Udara (P.Bun-Jakarta, P.Bun-S...
  • 1

    Jul

    Dunia harus tau pangkalan bun ada!

    Foto Pangkalan Bun dari udara Dikutip dari : arsyil.blogspot.com Oleh : Arsyil Hendra Saputra Sejak kecil saya sudah tinggal di Pangkalan Bun. Tapi sekarang saya sedang kuliah di undip semarang. Bagi temen2 yg sedang studi di jawa tentunya pasti kangen banget dengan suasana Pangkalan Bun dulu. Masa2 SMP, apalagi SMA. Banyak kenangan yang telah ditorehkan pangkalan Bun di hati kita. Oleh itu, sebagai pemuda yang mencintai pbun janganlah melupakan pbun kelak. Majukan tuh daerah kita! Perlu diketahui b...
  • 29

    Jun

    Kota PangkalanBun

    Pangkalan Bun adalah ibukota Kecamatan Arut Selatan sekaligus ibukota Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah. Pangkalan Bun adalah kota yang juga banyak menyimpan potensi alam yang cukup bagus. Ada beberapa potensi yang patut dikembangkan di masa datang diantaranya di bidang pertanian, antara lain potensi kelapa sawit, lada, jeruk dan ragam pertanian masrakat yang dikembangkan secara alami pengembangan pembudidayaan pasak bumi yang saat ini dicari2 oleh negara seperti Korsel, serta penanaman bibit kayu ulin yang sangat terkenal. Cagar Budaya yang ada di Pangkalan Bun di antaranya adalah ad...
  • 29

    Jun

    MANIS nya Pangkalan Bun

    Pembangunan kota di arahkan kepada terciptanya kondisi dengan motto MANIS yang berarti MINAT, AMAN, NIKMAT, INDAH dan SEGAR. MINAT : Pangkalan Bun dibangun untuk menarik minat masyarakat agar tinggal dan berpartisipasi dalam berbagai kegiatan, memacu lajunya pembangunan daerah dalam pencapaian masyarakat adil dan makmur berdasarakan Pancasila dan UUD 1945. AMAN : Segala kegiatan yang dilakukan dalam membangun kota Pangkalan Bun hendaknya mampu menciptakan rasa aman bagi masyarakat baik lahir maupun bathin. Oleh karena itu setiap gerak kehidupan kota hendaknya dilandasi oleh sikap dan suasana dan nuansa yang penuh dengan kegotong royongan saling asah, saling asuh dan saling asuh diantara sesama anggota masyarakat. NIKMAT : Pangkalan Bun dibangun untuk dinikmati sedemikian rupa dalam suas
-

Author

Follow Me